Jika engkau tak sanggup menahan lelahnya belajar,
maka kau harus mampu menahan perihnya kebodohan
(Imam Syafii)

Minggu, 15 Maret 2020

PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEKOLAH WIRAUSAHA ‘AISYIYAH (SWA) ANGKATAN KE-4 KABUPATEN PEKALONGAN


Perkembangan kewirausahaan di Indonesia cukup menggembirakan. Meskipun pada kenyataannya, peminat Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih cukup tinggi. Sekolah kewirausahaan, kursus-kursus kewirausahaan mulai tumbuh dan menjamur yang juga dikuti oleh datangnya dan tumbuhnya banyak tokoh-tokoh muda Indonesia yang menjadi pakar bisnis, mentor-mentor kewirausahaan serta konsultan-konsultan entrepreneurship .
Kewirausahaan generasi muda sangat penting untuk didorong terus tumbuh dan berkembang, dengan bermunculnya wirausaha-wirausaha baru diharapkan berdampak langsung terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri serta terhadap akselerasi kemajuan ekonomi dan pemerataan di negeri ini, meningkatkan daya saing Indonesia melalui produk-produk berbasis unggulan dan industri kreatif sehingga terciptanya lapangan-lapangan pekerjaan baru, serta penyerapan pasar domestik yang besar tehadap produk-produk lokal. Oleh karena itu, para generasi muda harus mampu berbenah dan bersiap diri menyambut kompetisi yang semakin ketat. Mengapa generasi muda yang dituju? Karena memang mayoritas penduduk Indonesia mayoritas usia produktif. 
Perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  informasi  yang pesat telah menjadi salah satu faktor pendorong dan memiliki peranan yang sangat  penting  dalam  perkembangan  perekonomian  dunia.  Keberadaan teknologi  yang  semakin  canggih  memungkinkan  pengguna  untuk melakukan  pemanfaatan  teknologi  tepat  guna.  Salah  satunya  melalui Pemasaran Produk berbasis Online (E-Commerce)
Penggunaan E-Commerce pada era globalisasi dan teknologi informasi saat ini merupakan keharusan bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, meningkatkan strategi penjualan dan memperluas jangkauan pemasaran agar dapat bersaing secara global. kompetitor yang semakin menjamur dan tuntutan untuk selalu mengikuti perkembangan dunia global yang mengharuskan untuk selalu bertindak kreatif.
Dari tahun ke tahun, jumlah pengguna internet di Indonesia selalu bertambah. Jumlah pengguna internet di Indonesia diproyeksikan tembus 175 juta pada 2019, atau sekitar 65,3% dari total penduduk 268 juta. Peningkatan pengguna internet terutama ditopang oleh semakin meluasnya penggunaan ponsel pintar (smartphone) dan selesainya proyek penggelaran kabel fiber optic Palapa Ring yang menyambungkan jaringan internet ke seluruh wilayah Indonesia. Angka proyeksi tersebut meningkat 32 juta, atau 22,37% dibandingkan survei terakhir Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2017 yang mencatat pengguna internet sebanyak 143,26 juta, wilayah Jawa merupakan pengguna internet terbesar yaitu sekitar 58,08%. Perangkat yang dipakai untuk mengakses internet tercatat 44,16% menggunakan smartphone, 39,38% menggunakan laptop dan smartphone, 4,49% menggunakan PC, dan lain-lain sekitar 12,07% (APJII, 2017).  Bila dilihat dari jumlah pengguna internet, baik di Indonesia maupun di dunia secara keseluruhan, marketing online merupakan sesuatu hal yang sangat potensial untuk dikembangkan.
Pada kegiatan ini peserta diajarkan tentang bagaimana konsep dasar  strategi digital marketing, bagaimana riset pasar dengan menggunakan Google Trends, bagaimana strategi sosial media marketing melalui facebook, instagram secara organik maupun berbayar, whatsapp, dll untuk meningkatkan konversi penjualan.
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Ahad, tanggal 15 Maret 2020 Pukul 08.00-14.00 WIB di Pusat Pelatihan dan Pengembangan BTM Wiradesa Pekalongan, dengan diikuti sebanyak kurang lebih 30 peserta perempuan usia produktif Pembelajaran Sekolah Wirausaha Aisyiyah (SWA) Kab. Pekalongan.






0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com