Jika engkau tak sanggup menahan lelahnya belajar,
maka kau harus mampu menahan perihnya kebodohan
(Imam Syafii)

Minggu, 23 Februari 2020

TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH DENGAN OPTIMASI FITUR MS. WORD DAN APLIKASI MENDELEY


Penulisan Skripsi (karya ilmiah) merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebagai  bukti  telah  dilakukannya penelitian dalam tugas akhir dan berhak menyandang gelar sarjana. Namun penulisan Skripsi (karya ilmiah) ini bukanlah hal yang mudah, selain dipusingkan dengan apa yang harus dituliskan, kita dihadapkan pada permasalahan dalam pengetikan naskah skripsi tersebut seperti penataan layout, penomoran halaman, penomoran sub bab, pembuatan referensi daftar pustaka, daftar isi dan lain-lain. 

Buku ini membahas secara tuntas bagaimana mengoptimalkan fitur-fitur "Sakti" Microsoft Word untuk Penulisan Karya Ilmiah seperti Fitur manage style, multilevel list number, page break, page number, table of contents, insert caption, dan insert citation, yang akan membantu dan membuat penulisan karya ilmiah anda menjadi lebih mudah dan lebih efisien ketika terjadi perubahan data karena semua penulisannya dilakukan secara otomatis. Sekaligus menjawab berbagai problem dan pertanyaan yang sering dihadapi mahasiswa dalam penulisan skripsi. Problem dan cara penyelesaiannya akan dijelaskan secara selangkah demi selangkah pada tiap bab Buku ini.
Selain itu, buku ini juga membahas Manajemen Referensi dan Teknik Sitasi dengan mengintegrasikan Aplikasi Mendeley Dekstop dan Microsoft Word yang memudahkan kita dalam melakukan otomatisasi sitasi dan manajemen sumber referensi (jurnal ilmiah, buku, dll) dengan tepat berdasarkan sumber yang benar dan akurat. Dengan Aplikasi Mendeley Dekstop sumber referensi dapat terdokumentasi dengan baik karena sebagai database referensi, file referensi seperti buku atau artikel dari jurnal dalam bentuk PDF bisa disimpan dan diberi keterangan yang tepat untuk membantu mempermudah pencarian. File-file PDF yang disimpan juga bisa dibuka, dibaca, dan diberi catatan-catatan dengan sticky notes atau highlight, sehingga sitasi dan daftar referensi (bibliography) bisa disusun secara otomatis.

Problem dan Kesulitan yang sering dihadapi :

Format Penomoran Halaman yang berbeda
Penomoran halaman skripsi memiliki format penomoran yang berbeda-beda untuk halaman tertentu dalam satu file, misalnya pada Halaman Judul, Halaman Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, nomor halaman menggunakan jenis romawi kecil (i, ii ,iii, ...) dan diletakkan di bagian bawah halaman dengan posisi tengah, kemudian untuk setiap penomoran halaman BAB I, BAB II, BAB III, dan seterusnya menggunakan format penomoran jenis angka arab (1,2,3….) dan diletakkan di bagian atas halaman dengan posisi kanan, kecuali halaman yang ada tulisannya BAB, nomor halaman diletakkan di bagian bawah halaman dengan posisi tengah.

Pembuatan Penomoran Bab, Sub Bab, Tabel, Gambar, Daftar Isi, Daftar Gambar, dan Daftar Tabel dilakukan secara manual
Sehingga saat terjadi perubahan data pada halaman skripsi, karena adanya pengurangan, penambahan file (revisi dari dosen pembimbing), maka kita harus mengurutkan kembali nomor-nomor tersebut satu persatu.        

Buku ini adalah solusi tepat bagi mahasiswa yang sedang menulis laporan karya ilmiah (Skripsi), karena anda akan dipandu untuk memahami bagaimana menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Aplikasi Mendeley Dekstop untuk penulisan karya ilmiah dengan  mengoptimalkan  fitur  yang  terdapat didalamnya sehingga permasalahan-permasalahan yang terkait dengan penulisan skripsi dapat diatasi.
Buku ini juga cocok bagi kalangan Dosen untuk Laporan Penelitian, Penulisan Artikel Ilmiah, Tesis, Disertasi, Buku Ajar, Borang/Laporan untuk Akreditasi, dan naskah/dokumen panjang lainnya.

Silahkan tinggalkan komentar anda...
 

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com