Cara Mudah Migrasi website Blogspot anda dengan Custom Domain

Hallo sobat blogger semua.....  Pertanyaan yang sering saya jumpai : 

“Pak apakah bisa alamat blog kita misalnya www.zonamarketingkit.blogspot.com sub domain blogspotnya kita hilangkan ? dan dirubah menjadi www.zonamarketing.com, atau  www.zonamarketing.id atau www.zonamarketing.online atau yang lainnya ??

Jawabannya Bisa Banget…!!

Kenapa kita perlu melakukan Migrasi domain dari  xxx.blogspot.com menjadi  custom domain (.com, .id, .online, .site, .xyz, .my.id......dll) ?

Berikut ini detail kelebihan Custom Domain atau mengubah alamat blogspot.com menjadi nama domain sendiri:

  • Blog terkesan lebih profesional dan kredibel.
  • Nama blog akan lebih mudah diingat karena lebih pendek.
  • Blog menjadi lebih "ramah mesin pencari" alias lebih SEO Friendly.
  • Reputasi Blog akan lebih baik di dunia blogging. Bayar lho, 'gak gratisan.
  • Banyak layanan periklanan (Adsense) tidak menerima subdomain.
  • Fans & Subscribers Meningkat dengan custom domains.
  • Kita cuma beli/sewa domain saja, tidak dengan hostingnya karena hosting tetap di blogger (Google) nan aman dan nyaman.
  • Rankings akan naik tajam.
  • Bisnis Anda akan berkembang pesat. Secara, nama domain sendiri lebih kredibel!

PERSIAPAN :
Nah untuk melakukan custom domain Blogspot kita, pastikan anda telah membeli domain terlebih dahulu. Bagi yang belum tahu bagaimana cara membeli domain bisa membaca artikel saya sebelumnya Cara membeli Domain di Domainesia untuk custom domain Blogspot kita !!

Selanjutnya ikuti step by step dibawah ini 

1. Login ke Blogspot/ Blogger

Pertama, silakan buka tab baru pada browser, ketikkan www.blogger.com. Kemudian login menggunakan akun blogger anda. Untuk melakukan custom domain ke blogger, klik pada tab Setelan. Silakan klik tulisan Domain kustom di sebelah kanan.

 


2. Tulis Nama Domain anda 

Tuliskan nama domain yang ingin dilakukan custom domain. Misalnya www.zonamarketingkit.online. Pastikan menggunakan www ya. Lalu klik Save.

 

3. Menemukan Host dan Record Unik Blogger

Setelah kita klik Simpan, Maka akan ada error dari pihak blogspot. Mengapa itu bisa terjadi? Hal ini dikarenakan domain yang anda tuliskan belum ada sinkronisasi dari pihak blogger dan domain. Namun tenang saja! Jangan panik ya. Untuk melakukan sinkronisasi, terdapat host unik dan record unik dari google yang harus di masukkan ke pengaturan domain.

 

Catat nama host unik dan tujian : record unik domain diatas, nanti host unik dan record unik ini nanti nya akan kita copy pada halaman pengaturan domain


4. Masuk ke MyDomaiNesia

Tinggalkan panel Blogger/ Blogspot sejenak lalu buka client area DomaiNesia dengan alamat https://my.domainesia.com/. Lalu masukkan username dan password anda. Username dan password ini merupakan akun anda pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.

 


 5. Memilih Domains

Setelah itu, anda akan diarahkan ke halaman client area. Pada halaman ini anda dapat mengelola semua produk yang telah anda beli. Karena kali ini akan dilakukan custom domain, maka silahkan klik Menu Domains pada bagian sidebar (bagian sebelah kiri). Kemudian beri tanda centang dan klik pada domain yang dipilih.

 


6. Memilih Blogger Settings

Pada langkah selanjutnya, anda akan melakukan pengelolaan DNS di MyDomaiNesia. Untuk melakukan custom domain ke Blogger, silahkan klik Setting kemudian pilih Blogger Settings.

 

 Akan muncul tampilan berikut ini, lalu Klik Create DNS Zone

   Klik Yes Create


Klik Save Changes


7. Memasukkan Host & Record Unik Google

langkah selanjutnya masuk kembali ke Klik Domain-Blogger Setting

Pada halaman Blogger tadi, anda sudah menemukan host unik dan record unik dari Google. Nah, host dan record unik tadi akan digunakan untuk melakukan custom domain anda. Tim DomaiNesia telah memberi kemudahan para customer untuk melakukan custom domain dengan melalui halaman client area (my.domainesia.com). Untuk itu, anda cukup memasukkan host unik dari google dan record unik dari google pada kolom yang telah di sediakan. 

 

Masukkan host unik dan record unik pada kotak diatas, klik Save 

(Host Unik dan Record unik bisa anda dapatkan pada langkah nomor 3)

Ingat, setiap akun memiliki host unik dan record unik yang berbeda. Jadi, pastikan copy paste sesuai dengan yang tertera di akun blogger anda!

Tunggu sebentar, maka proses custom domain ke Blogger telah berhasil 


8. Melakukan penambahan pada DNS

setelah langkah 7 berhasil, maka lakukan langkah selanjutnya. Untuk melakukan pengecekan apakah blogger telah diarahkan ke domain, maka silahkan klik Menu Domains. Lalu klik DNS Management

Lalu menuju ke Add a new DNS Record.  Tambahkan DNS seperti dibawah ini

  • Host Name : www
  • TTL : 14440
  • Type : CNAME
  • Addres Value : ghs.google.com

 

10. Melakukan Pengaturan di Akun Blogspot

Setelah setting blogger dan add domain pada pengaturan domain anda berhasil, silahkan buka kembali akun blogger anda, klik setelan buka kembali domain kustom. Ketik kembali alamat domain anda selanjutnya klik SIMPAN sampai muncul notifikasi status berhasil diperbarui

 



Bila masih tidak bisa, mohon bersabar karena mungkin Blogger masih dalam proses propagasi dengan DNS Anda yang dapat memakan waktu hingga 24 jam. Jika lebih dari 24 jam juga belum bisa dilakukan, maka mungkin terdapat kesalahan pada pengaturan Anda dan silakan coba lagi untuk yang kedua kali.

Jika proses Simpan sudah berhasil, maka Anda akan melihat halaman Settings di Blogger berisi nama domain dan nama blog lama.

Pastikan mengaktifkan Alihkan domain, Ketersediaan HTTPS, Pengalihan HTTPS seperti pada Gambar di bawah ini 

Taraaaa akhirnya alamat blog yang semula www.zonamarketingkit.blogspot.com berubah menjadi www.zonamarketingkit.online  

 Halaman blog anda yang semula blogspot.com anda yang telah berubah menjadi .online




Jika masih ada kendala silahkan hubungi customer service/admin Domainesia.com lalu klik tombol Chat With Us




Jika masih belum paham, silahkan tonton video berikut :





Share:

1 komentar:

Terimakasih

Logo Sinta Png@pngkit.com

Popular Posts

JUMLAH KUNJUNGAN

Follower

Arsip Blog