Jika engkau tak sanggup menahan lelahnya belajar,
maka kau harus mampu menahan perihnya kebodohan
(Imam Syafii)

Senin, 05 November 2018

RANCANG BANGUN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN DAN DAYA SAING USAHA PADA UMKM


Dewasa ini perkembangan teknologi informasi semakin pesat, perkembangan Teknologi Informasi yang semakin pesat membuat pola pemasaran mengalami perubahan, pemanfaatan internet menjadi salah satu alternatif yang banyak dipakai perusahaan untuk memasarkan produknya.
Berdasarkan Infografis dan Hasil Survey 2017, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 143,26 Juta (54,68%) dari Total Populasi Penduduk Indonesia yaitu 262 Juta orang. Pulau Jawa menempati posisi tertinggi dalam penggunaan internet yaitu 83,20 juta orang (58%). Pengguna Internet tersebut melakukan akses internet dengan menggunakan perangkat mobile dan komputer sebesar 44,16%. Pemanfaatan Internet Bidang Ekonomi adalah konten Cari Harga sebesar 45,14%, Beli Online sebesar 32,19% (APJII, 2017)

Dari data infografis, kita bisa melihat bagaimana peluang bisnis yang sangat besar dengan menggunakan teknologi internet. Keberadaan teknologi yang  semakin  canggih  memungkinkan  pengguna  untuk melakukan  pemanfaatan  teknologi  tepat  guna yang memungkinkan organisasi ataupun perusahaan memasuki pasar dengan cara yang mudah, murah, dan tanpa batasan geografis. Perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  informasi  yang pesat telah menjadi salah satu faktor pendorong dan memiliki peranan yang sangat  penting  dalam  perkembangan  perekonomian  dunia. 
Penggunaan E-Commerce pada saat ini merupakan syarat bagi sebuah usaha perdagangan agar dapat bersaing secara global, mengingat persaingan bisnis dan permasalahan yang semakin kompleks, kompetitor yang semakin menjamur dan tuntutan untuk selalu mengikuti perkembangan dunia global yang mengharuskan untuk selalu bertindak kreatif. (Hung, 2011)
Mengingat persaingan usaha yang semakin kompleks, kompetitor yang semakin menjamur, tuntutan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik secara cepat dan nyaman, serta untuk memperluas jangkauan pemasaran sehingga pembeli  bisa melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja, maka sudah saatnya HF Batik Putra melakukan terobosan strategi pemasaran melaui sistem pemasaran online (E-Commerce) berbasis website.
Diharapkan dengan penggunaan teknologi dan pengembangan pemasaran melalui online (E-Commerce), usaha HF Batik Putra dapat berkembang dan meningkat hasil omset penjualannya sehingga dapat berimplikasi pada peningkatan pelayanan terhadap pelanggan (konsumen) dengan memberikan kemudahan dalam berbelanja produk, informasi produk, pembayaran, dan pengiriman pesanan barang bisa dilakukan secara lebih cepat tanpa harus datang langsung ke toko, sehingga bisa menghemat biaya dan waktu karena semuanya di lakukan melalui teknologi internet yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja.
Berdasarkan  uraian  diatas  maka  peneliti  merasa  tertarik  untuk melakukan  penelitian  yang  berjudul  “Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce untuk Peningkatan Penjualan dan Daya Saing Usaha pada UMKM"

Dipublikasikan pada :
Jurnal Surya Informatika Vol 5 No. 1 November 2018 ISSN : 2477-3042



0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com