Jika engkau tak sanggup menahan lelahnya belajar,
maka kau harus mampu menahan perihnya kebodohan
(Imam Syafii)

Minggu, 04 Oktober 2020

PELATIHAN PENGGUNAAN SOFTWARE MENDELEY UNTUK PENGUTIPAN ARTIKEL DAN DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI

A.    Latar Belakang

Skripsi merupakan tugas akhir bagi mahasiswa yang bersifat wajib dan tujuanya adalah melatih dan menumbuhkan kemampuan akademik mahasiswa untuk melakukan penelitian dengan benar. Oleh karena itu, proses penuliasannya harus memenuhi kaidah-kaidah tertentu dalam penelitian baik yang berkaitan dengan metodologi maupun tatacara penulisan.

Dalam penulisan karya ilmiah baik untuk publikasi di jurnal ataupun untuk kepentingan seminar dan konferensi diperlukan ketepatan dalam melakukan sitasi. Sitasi adalah pengutipan sumber dari penelitian sebelumnya atau karya-karya ilmiah yang pernah diterbitkan sehingga dapat dijadikan referensi tulisan kita. Sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Dikti bahwa lulusan S1,S2, dan S3 harus memiliki tulisan dalam jurnal lokal, nasional terakreditasi, atau internasional maka sebuah karya ilmiah yang baik harus memiliki referensi yang benar dan cara pengutipan yang tepat dan sinkron antara sitasi di artikel dengan yang tertuang dalam daftar pustaka. Hal ini dilakukan untuk menghindari tindakan-tindakan plagiat yang selama ini menjadi catatan khusus dalam proses pendidikan di Indonesia khususnya di Perguruan Tinggi.

Kebutuhan untuk manajemen referensi seperti penulisan sitasi dan daftar pustaka pada dasarnya telah disediakan tool microsoft Word, namun dengan program Mendeley Dekstop terdapat kelebihan yaitu mampu melakukan sitasi dengan tepat berdasarkan sumber yang benar dan akurat serta fungsi otomasi dalam melakukan sitasi dan manajemen referensi, sehingga buku, jurnal, dan karya ilmiah yang menjadi referensi tulisan dapat terdokumentasi dengan baik. Sebagai database referensi, file referensi seperti buku atau artikel dari jurnal dalam bentuk PDF bisa disimpan dan diberi keterangan yang tepat untuk membantu mempermudah pencarian. File-file PDF yang disimpan juga bisa dibuka, dibaca, dan diberi catatan-catatan dengan sticky notes atau highlight, sehingga sitasi dan daftar referensi (bibliography) bisa disusun secara otomatis.

Kenyataannya masih banyak mahasiswa yang belum memahami bagaimana cara membuat kutipan/sitasi dari sumber jurnal, buku, artikel, dan lainnya kemudian membuat Daftar Pustaka yang benar yang sesuai dengan sumber kutipan. Hal yang sering terjadi adalah tulisan yang ada dalam Daftar Pustaka tidak semua nya muncul pada sitasi, dan sebaliknya muncul pada sitasi atau kutipan tetapi tidak muncul di Daftar Pustaka.

Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan yang terus berbenah dalam hal mutu lulusan, pada Tahun  Akademik 2020/2021 membuat standar baru dalam hal aturan pembuatan skripsi bagi mahasiswa yaitu antara lain :

1.   Sumber acuan artikel replikasi untuk mahasiswa adalah dari jurnal-jurnal yang terindeks SINTA-Ristekdikti kategori SINTA 1 sampai dengan SINTA 4, dari sna (simposium nasional akuntansi), FMI (Forum Manajemen Indoensia) atau dari jurnal luar negeri bereputasi

2.  Artikel rujukan utama yang akan direplikasi dan artikel yang direview pada hasil penelitian terdahulu (di bab II) maksimal 5 tahun kebelakang dari saat proposal lulus diujikan pada seminar proposal. Artikel pendukung lainya yang dirujuk atau dikutip pada proposal/skripsi boleh lebih dari 5 tahun ke belakang

3.    Jika mahasiswa melakukan penelitian untuk skripsi menggunakan data sekunder, maka data yang diambil adalah minimal 5 tahun periode kebelakang dari saat proposal lulus diujikan pada seminar proposal

4.      Telaah penelitian terdahulu pada BAB 2 minimal 10 artikel (boleh lebih) yang diambil dari jurnal-jurnal terindeks SINTA sebanyak 6 artikel (60%), sumber jurnal asing/luar negeri bereputasi minimal 1 artikel (10%), dan 3 artikel (30%) sisanya boleh dari sumber lain yang bisa dipertanggungjawabkan.

Berdasarkan hal di atas maka diperlukan adanya pelatihan kepada mahasiswa tentang bagaimana mencari jurnal literatur review yang terindeks SINTA, jurnal international bereputasi, dan sumber-sumber lainnya untuk kepentingan penulisan Skripsi dan bagaimana cara pembuatan Daftar Pustaka dan Sumber Kutipan secara otomatis dengan menggunakan aplikasi Mendeley Dekstop.

B.     Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan pelatihan ini adalah (1).  Memberikan bekal kepada mahasiswa tahap akhir tentang bagaimana mencari sumber litetarur rivew yang kredibel dan kompeten untuk kepentingan penulisan skripsi, (2)  Memberikan bekal kepada mahasiswa tahap akhir tentang bagaimana menggunakan Aplikasi Mendeley untuk pengutipan dan penulisan Daftar Pustaka

C.    Manfaat Kegiatan

Manfaat setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini adalah mahasiswa bisa terbantu dalam proses pembuatan karya ilmiah skripsi khususnya dalah hal mencari literatur review dan pembuatan daftar pustaka

D.    Sasaran Kegiatan

Sasaran Kegiatan dalam Pelatihan ini adalah seluruh mahasiswa akhir Fakultas Ekonomi baik Prodi Manajemen maupun Akuntansi 

E.     Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada Hari Sabtu tanggal 3 Oktober 2020, yang terbagi menjadi 3 sesi yaitu Sesi 1 (Pukul 07.30 – 09.30 WIB) sebanyak 39 mahasiswa, Sesi 2 (Pukul 10.00 – 12.00 WIB) sebanyak 36 mahasiswa, Sesi 1 (Pukul 13.00 – 15.00 WIB), sebanyak 36 mahasiswa.

Pemateri/Narasumber Kegiatan Pelatihan Penggunaan software mendeley untuk pengutipan artikel dan daftar pustaka skripsi adalah Bapak Ari Muhardono, S.Kom, M.Kom (Dosen Prodi Manajemen Fak. Ekonomi Unikal)

Peserta adalah mahasiswa tahap akhir Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan yang akan menyelesaikan skripsi. Untuk Prodi Manajemen akan diadakan pada agenda selanjutnya.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi Google Meet











Download :

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com