Mengenal Pengembangan Sistem Informasi: Tahapan dan Manfaatnya

Dalam era digital yang terus berkembang, sistem informasi telah menjadi elemen penting dalam operasional dan manajemen bisnis. Pengembangan sistem informasi adalah proses merancang, membangun, mengimplementasikan, dan memelihara sistem yang mendukung pengelolaan dan pemrosesan informasi di dalam organisasi. 

Pada dasarnya tidak ada sistem informasi yang sempurna untuk masa yang tak terhingga. Kenyataan ini mengakibatkan sistem perlu dirubah pada masa selanjutnya.

Mengapa perlu mengembangkan Sistem ??

1. Adanya Permasalahan yang terjadi pada sistem lama
2. Tuntutan Pertumbuhan Bisnis Organisasi
3. Perkembangan Teknologi
4. Tuntutan Pencapaian Keunggulan Bersaing
5. Tuntutan Peningkatan Produktivitas dan efisiensi Proses Bisnis
6. Adanya instruksi dari (Pimpinan, Pemerintah)

Definisi Pengembangan Sistem Informasi

  • Pengembangan Sistem dapat berarti menyusun sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang sudah ada (Kami, 2008)
  • Pengembangan Sistem merupakan proyek yang harus melalui suatu proses pengevaluasian seperti pelaksanaan proyek lainnya (Amsa, 2008)
  • Pengembangan Sistem adalah metode/prosedur/ konsep/aturan yang digunakan untuk mengembangkan suatu sistem informasi atau pedoman bagaiamana dan apa yang harus dikerjakan selama pengembangan sistem (algorithm). Metode adalah suatu cara, teknik sistematik untuk mengerjakan sesuatu (Dinu, 2008)

Metode Analisis Pengembangan Sistem  PIECES

Metode PIECES adalah metode analisis sebagai dasar untuk memperoleh pokok-pokok permasalahan yang lebih spesifik. Dalam menganalisis sebuah sistem, biasanya akan dilakukan terhadap beberapa aspek. Analisis ini disebut dengan PIECES Analysis (Performance, Information, Economy, Control, Eficiency and Service).

Yuk pelajari selengkapnya tentang pengembangan sistem informasi dengan menononton video dibawah ini... cekidot..!!





Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih

Logo Sinta Png@pngkit.com

Popular Posts

JUMLAH KUNJUNGAN

Follower

Arsip Blog