Menjadi Blogger Kreatif di Era Digital

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger (www.robotwisdom.com) menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. 

Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-is u didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal. Blog kini tak lagi menjadi tempat curahan hati individu, tetapi bisa pula sebagai pintu masuk untuk membuka peluang bisnis di dunia nyata.
Blog dapat dibuat siapa pun tanpa mengeluarkan biaya atau gratis. Jika kontennya dikerjakan dengan serius, blog dapat digunakan untuk monetisasi atau menghasilkan uang, baik sebagai penghasilan utama maupun sampingan.
Dari masa ke masa, blog di Indonesia menjadi semakin populer. Dalam mengelola blog dibutuhkan keseseriusan terutama dalam mengangkat tema yang diangkat. Blog kini sudah semakin berkembang. Secara tata kelolanya pun mengalami perkembangan yang lebih professional. Mengelola blog tak lagi cukup dikelola oleh satu individu. Dalam mengelola blog yang besar dan sukses umumnya dikelola oleh beberapa orang. Dibutuhkan penulis atau kontributor sendiri yang aktif mengisi blog

Memulai ngeblog di era digital ini juga memberikan banyak manfaat untuk Anda. Tidak hanya ngeblog, Anda bisa membangun berbagai macam website untuk bisnis Anda. Karena semua orang saat ini menghabiskan waktu mereka di internet, dan smartphone juga sudah hampir dimiliki oleh setiap orang. Maka membawa bisnis Anda ke ranah online adalah ide terbaik yang harus Anda jalankan saat ini.

Memiliki blog yang selalu Anda update dengan artikel atau tulisan-tulisan yang bermanfaat akan membawa banyak keuntungan buat Anda. Blogging tidak hanya sebagai tempat menulis dan mempublikasikan tulisan Anda tapi lebih dari itu. Dengan blog Anda juga bisa menjadikan blog Anda sebagai ladang bisnis online yang sangat menggiurkan di zaman yang serba internet seperti saat ini

Berikut 10 alasan mengapa kamu harus punya blog

1. Blog akan meningkatkan keahlian menulis Anda

Alasan blogging yang pertama yaitu Memiliki blog sendiri akan menjadikan Anda seseorang yang ahli dalam menulis. Pertama kali Anda memiliki blog mungkin tulisan-tulisan Anda terlihat biasa saja dan tidak enak untuk dibaca, tapi dengan seiring waktu dengan banyak membaca artikel dari blog-blog terkenal baik dalam negeri maupun luar negeri akan menjadikan Anda pintar dalam membuat artikel.

 2. Blog akan meningkatkan wawasan Anda

Memiliki blog akan secara otomatis meningkatkan wawasan Anda dalam berbagai hal atau yang mencakup pada topik khusus yang Anda bahas, ketika Anda mulai serius dalam dunia blogging maka Anda akan semakin rajin membaca baik dari media online maupun buku. Dengan begitu maka otomatis tingkat wawasan Anda semakin meningkat.

3. Blog itu tidak mahal

Kebanyakan orang yang akan memulai untuk memiliki blog berpikir bahwa blog itu mahal, tapi pada kenyataanya untuk memiliki blog itu tidak membutuhkan biaya yang mahal bahkan gratis jika Anda ingin menulis pada platform blog seperti Blogger milik Google yang gratis untuk Anda gunakan.

Tapi jika Anda ingin memiliki blog yang lebih profesional maka membutuhkan sedikit modal untuk membeli nama domain dan menyewa hosting. Anda bisa menggunakan platform untuk membuat blog yang gratis seperti WordPress dan membeli domain dengan harga berkisar antara 12-15 dollar atau sekitar 120 ribu sampai 150 ribu rupiah. Dan untuk menyewa hosting harga berkisar antara 250-500 ribu dalam setahun.

4. Membuat Blog itu Mudah

Untuk memiliki blog sendiri itu sangat mudah, meskipun Anda seorang yang belum pernah belajar dalam membuat blog jika Anda belajar dan membaca beberapa tutorial yang banyak Anda dapatkan di internet maka Anda akan merasa mudah mengikuti langkah demi langkah dalam membuat blog sendiri.

5. Blog Dapat Meningkatkan Brand Anda

Dengan blog Anda dapat dengan cepat meningkatkan brand Anda, blog dapat di akses dari berbagai tempat bahkan negara tanpa ada batasan. Anda bisa mengenalkan produk atau bisnis Anda melalui blog dan mempromosikan blog melalui berbagai macam cara sehingga produk dan bisnis Anda menjadi lebih dikenal.

Selain itu dengan blog Anda bisa menuliskan secara lengkap tentang produk maupun bisnis Anda sehingga calon pelanggan Anda lebih memahami tentang produk dan bisnis Anda yang pada akhirnya menjadikan mereka pelanggan baru dan meningkatkan kepercayaan mereka.

6. Blog Sebagai media Marketing yang efektif

Blog bisa Anda gunakan sebagai media pemasaran atau marketing online yang sangat efektif. Semua orang pasti banyak menggunakan mesin pencarian seperti google untuk mendapatkan informasi tentang apapun, dan dengan blog maka akan terdapat kesempatan yang besar untuk bisnis Anda dikenal melalui mesin pencarian.

7. Blog bisa menghasilkan uang

Dengan memiliki blog Anda dapat memiliki peluang yang sangat besar untuk menghasilkan uang dari blog. Sudah banyak para blogger ternama yang membagikan kisah sukses dari ngeblog dan bahkan mereka membagikan laporan penghasilan bulanan dari blog mereka.

Banyak cara bisa Anda gunakan untuk menghasilkan uang dari blog seperti mengikuti program Google AdSense, iklan mandiri, mengikuti program afiliasi dari berbagai layanan atau produk, menjual produk baik digital maupun fisik, mereview atau mengulas berbagai produk dan jasa, jasa konsultasi, dan masih banyak lagi.

8. Blog sebagai media untuk menyalurkan hobby

Banyak orang menggunakan blog sebagai media untuk menyalurkan hobby mereka seperti menulis maupun untuk membagikan cerita perjalanan liburan mereka, selain itu Anda juga bisa membagikan berbagai hasil karya seperti foto maupun gambar melalui blog dan membuat gallery di dalam blog, jadi blog tidak hanya sebagai tempat untuk menulis saja melainkan juga bisa untuk membagikan berbagai jenis file media seperti gambar, audio maupun video.

9. Blog bisa menjadikan Anda sesorang yang terkenal

Melalui blog Anda juga bisa menjadi seseorang yang terkenal, berkat karya tulisan atau hasil karya yang Anda bagikan di blog dan jika itu bermanfaat buat pengunjung bisa membuka kesempatan yang lebar untuk Anda di kenal oleh banyak orang atau bahkan di undang untuk berbicara dalam seminar khusus. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan banyak teman dari para blogger lain yang mungkin membahas topik atau mempunyai minat yang sama dengan Anda dan bahkan bisa membentuk komunitas khusus baik secara online maupun dalam kehidupan nyata.

10. Blog akan melatih Anda menjadi orang yang disiplin, konsisten dan sabar

Dengan memiliki blog akan membuat Anda menjadi orang disiplin karena Anda harus secara aktif belajar dan membuat konten yang segar, jika Anda tidak disiplin dalam membagi waktu untuk membuat konten artikel maka Anda akan kalah di hasil mesin pencarian dengan blogger lain yang mungkin membahas topik yang sama dengan Anda.

Selanjutnya adalah melatih Anda konsisten. Banyak blogger baru yang gagal sebelum mencapai apa yang mereka inginkan karena kurangnya konsistensi dalam membangun blognya. Anda tidak boleh berhenti pada 10 atau 100 tulisan saja, tapi untuk sukses Anda membutuhkan sifat konsisten yang tinggi dalam belajar menjadi yang lebih baik dan menghasilkan artikel-artikel bermanfaat secara terus menerus.

Silahkan download Tutorial di bawah ini :




Share:

3 komentar:

Terimakasih

Logo Sinta Png@pngkit.com

Popular Posts

JUMLAH KUNJUNGAN

Follower

Arsip Blog