Pelatihan Manajemen Referensi dengan Aplikasi Mendeley untuk Karya Ilmiah yang berkualitas


Forum merupakan wadah atau tempat pertemuan sebuah komunitas yang memiliki persamaan minat dan tujuan untuk bertukar pikiran suatu topik atau masalah secara bebas dengan panduan seorang administrator atau bisa disebut sengan moderator. Forum sering dimanfaatkan untuk diskusi ilmiah. Forum diskusi merupakan tempat untuk memberikan pendapat atau mencari informasi yang lebih akurat dan saling berbagi antar anggota forum. Forum diskusi menurut Yani (2011) adalah, “proses, pengetahuan, pembelajaran untuk memberikan arti internalisasi nilai-nilai kepada peserta diskusi atau melihat keadaan diskusi ada forum tersebut”.

Sedangkan pelatihan (training) adalah kegiatan melatih atau mengembangkan suatu keterampilan dan pengetahuan kepada diri sendiri atau orang lain terkait dengan kompetensi tertentu yang dianggap berguna untuk mempertajam kompetensi mereka. Menurut Moekijat (1993:3), pelatihan adalah suatu bagian pendidikan yang menyangkut proses belajar untuk memperoleh dan meningkatkan keterampilan diluar sistem pendidikan yang berlaku, dalam waktu relatif singkat dengan metode yang lebih mengutamakan praktik daripada teori.

Salah satu syarat untuk mencapai gelar sarjana yaitu mahasiswa harus menulis karya tulis ilmiah berupa skripsi atau artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal kampus atau luar kampus. Namun, banyak sekali permasalahan yang terjadi dalam menulis karya ilmiah dikarenakan kurangnya kemampuan mahasiswa dalam menulis karya tulis ilmiah dan motivasi serta pengetahuan mahasiswa mengenai teknik penulisan karya ilmiah.

Skripsi merupakan tugas akhir bagi mahasiswa yang bersifat wajib dan tujuanya adalah melatih dan menumbuhkan kemampuan akademik mahasiswa untuk melakukan penelitian dengan benar. Oleh karena itu, proses penuliasannya harus memenuhi kaidah-kaidah tertentu dalam penelitian baik yang berkaitan dengan metodologi maupun tatacara penulisan.

Dalam penulisan karya ilmiah baik untuk publikasi di jurnal ataupun untuk kepentingan seminar dan konferensi diperlukan ketepatan dalam melakukan sitasi. Sitasi adalah pengutipan sumber dari penelitian sebelumnya atau karya-karya ilmiah yang pernah diterbitkan sehingga dapat dijadikan referensi tulisan kita. Sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Dikti bahwa lulusan S1,S2, dan S3 harus memiliki tulisan dalam jurnal lokal, nasional terakreditasi, atau internasional maka sebuah karya ilmiah yang baik harus memiliki referensi yang benar dan cara pengutipan yang tepat dan sinkron antara sitasi di artikel dengan yang tertuang dalam daftar pustaka. Hal ini dilakukan untuk menghindari tindakan-tindakan plagiat yang selama ini menjadi catatan khusus dalam proses pendidikan di Indonesia khususnya di Perguruan Tinggi.

Kebutuhan untuk manajemen referensi seperti penulisan sitasi dan daftar pustaka pada dasarnya telah disediakan tool microsoft Word, namun dengan program Mendeley Dekstop terdapat kelebihan yaitu mampu melakukan sitasi dengan tepat berdasarkan sumber yang benar dan akurat serta fungsi otomasi dalam melakukan sitasi dan manajemen referensi, sehingga buku, jurnal, dan karya ilmiah yang menjadi referensi tulisan dapat terdokumentasi dengan baik. Sebagai database referensi, file referensi seperti buku atau artikel dari jurnal dalam bentuk PDF bisa disimpan dan diberi keterangan yang tepat untuk membantu mempermudah pencarian. File-file PDF yang disimpan juga bisa dibuka, dibaca, dan diberi catatan-catatan dengan sticky notes atau highlight, sehingga sitasi dan daftar referensi (bibliography) bisa disusun secara otomatis.

Kenyataannya masih banyak mahasiswa yang belum memahami bagaimana cara membuat kutipan/sitasi dari sumber jurnal, buku, artikel, dan lainnya kemudian membuat Daftar Pustaka yang benar yang sesuai dengan sumber kutipan. Hal yang sering terjadi adalah tulisan yang ada dalam Daftar Pustaka tidak semua nya muncul pada sitasi, dan sebaliknya muncul pada sitasi atau kutipan tetapi tidak muncul di Daftar Pustaka.

Berdasarkan hal di atas maka diperlukan adanya pelatihan kepada mahasiswa tentang bagaimana mencari jurnal literatur review yang terindeks SINTA, jurnal international bereputasi, dan sumber-sumber lainnya untuk kepentingan penulisan Skripsi dan bagaimana cara pembuatan Daftar Pustaka dan Sumber Kutipan secara otomatis dengan menggunakan aplikasi Mendeley Dekstop.

Acara ini diprakarsai oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi (HIMATA) FEB Universitas Pekalongan yang diberi tajuk FORENSIC ( Forum and Training Scientific) dengan tema “Optimalisasi Peran Mahasiswa Melalui Karya Ilmiah Guna Mewujudkan Generasi yang Unggul” yang dilaksanakan pada Hari Minggu tanggal 14 Mei 2023 Pukul 08.00 - 12.00 WIB bertempat di Aula Gedung C Lantai 3 Unikal dengan Pembicara Bapak Ari Muhardono, S.Kom., M.Kom.










Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih

Logo Sinta Png@pngkit.com

Popular Posts

JUMLAH KUNJUNGAN

Follower

Arsip Blog